Pengertian Banquet

1. Pengertian Banquet 
Ada beberapa macam pengertian Banquet antara lain:
1.Berdasarkan kamus pariwisata dan perhotelan,
Pengertian Banquet adalah suaturesepsi mewah yang diadakan di ruangan khusus dari hotel, dengan menyediakan makanan mewah dan juga fasilitas lainnya.
2.Menurut Putra (1998),
Banquet merupakan outlet Food and Beverage Departement  yang bertugas untuk menangani segala macam kegiatan pesta atau jamuan yang diselenggarakan oleh suatu panitia atau pihak lain yang membuat pesanan ke hotel.
3.Menurut R Sukardi,
Banquet adalah pelayanan khusus suatu jaminan atau acara dimana pelayanan tersebut berbeda atau terpisah dengan pelayanan yang adadi restaurant, coffee shop, atau grill room.
        Awalnya hotel tidak menyediakan fasilitas ruangan khusus yangmempunyai kemampuan untuk menampung orang banyak yang akan melakukankegiatan perjamuan di hotel, ini dikarenakan ruangan pertemuan atau ruangan rapat bila ditinjau secara ekonomis dianggap kurang menguntungkan jika hotel harusmenyediakan ruangan besar, dengan peralatan dan pelayanan yang hanya digunakan pada waktu tertentu.

Sejarah Banquet dilatar belakangi oleh kodrat manusia yang saling berinteraksi yang pada masa dahulu kaum perancis, keluarga maupun kerabat kaisar, sering kali menyelenggara kan acara berkumpul sambil makan enak diantara kelompoknya masing-masing. Mereka mengundang para relasinya untuk  berkumpul bersama-sama dengan makanan yang tersedia.

Banquet merupakan sarana yang tidak jauh berbeda dengan restoran baik  perlengkapan, peralatan serta tata saji yang disuguhkan, hanya saja Banquet tidak menyediakan sajian secara permanen seperi restoran, melainkan diselenggarakan setelah adanya pihak pemesanan yang akan menyelenggarakan berbagai bentuk  jaminan. Pelayanan pada Banquet dimulai sejak pelanggan memesan tempathingga akhir acara, kesepakatan tersebut meliputi:
•  Hari / tanggal dan jam pelaksanaan acara
•  Jumlah peserta yang hadir
•  Macam-macam acara yang diinginkan pelanggan.
•  Tahapan penyelenggaraan acara
•  Tata ruang
•  Jenis pelayanan
•  Fasilitas lain yang dinginkan
•  Sistem pelayanan

2. Uraian Penyelenggaraan Banquet
Penanganan dalam pelayanan banquet  di mulai sejak pelanggan dan petugas Banquet pertama kali bertemu hingga pada akhir penyelenggaraan pesta, termasuk  pula penyelesaian pembayaran. Proses tersebut dibagi atas beberapa tahap yaitu:
A.  Sebelum Penyelenggaran
  1. Pada saat penawaran dan permintaan suatu event, pihak  Banquet menawarkan berbagai produk pelayanan dengan berbagai fasilitas disertai rincian biayanya. Pihak pelanggan akan memilih produk yangditawarkan oleh pihak Banquet sesuai dengan keinginanya.
  2. Kedua belah pihak akan saling mengadakan pendekatan, dalam hal ini pihak diwakili oleh Banquet sales dan representative atau Banquet manager. Sedangkan pelanggan diwakili oleh tuan rumah atau panitia pelaksana. Pendekatan ini dilakukan untuk mencapai kesepakatan yang nantinya technical meeting sebelum acara berlangsung yang melibatkan berbagai pihak terkait baik dari pihak hotel sendiri maupun dari pihak  pelanggan.
  3. Menandatangani surat perjanjian setelah dicapai kesepakatan bersama,kedua belah pihak menandatangani surat perjanjian berisi hak dankewajiban masing-masing pihak.
  4. Memelihara kesepakatan dengan komunikasi, mulai dari saat penandatangani perjanjian sampai dengan hari acara berlangsung, biasanya terbentang waktu yang cukup lama selama waktu tersebut,kedua belah pihak saling berkomunikasi beberapa kali ada penambahanatau pengurangan yang mungkin terjadi.
B. Saat Pelaksanaan Acara
Tahap ini merupakan saat yang dinantikan oleh pelanggan atas dasar kesepakatan yang telah dibuat bersama. Pelaksanaan ini bukannya tanpa kendala,misalnya jika ada perubahan yang mungkin timbul dari pihak pelanggan. Jika perubahan tersebut sifatnya tidak prinsipal mungkin tidak menjadi masalah, akantetapi jika tejadi sebaliknya maka akan menjadi masalah yang mengganggu.Karena itu perjanjian sebagai dasar kesepakatan bisa dijadikan pedoman dalamsetiap penyelesaian masalah yang mungkin terjadi. Urutan tahapan ini adalahsebagai berikut:
  1. Preperation(Persiapan menjelang pelaksanaa)
  2. Service (pada saat acara berlangsung)
  3. Clear up (begitu acara selesai segera dibersihkan dan dirapikan kembali seperti semula)
C. Tahapan Setelah Selesai Acara
Setelah acara selesai, sejumlah rekening harus deselesaikan oleh pihak pelanggan, penyelesaiannya dapat dalam bentuk pembayaran kantor, trasnsfer  bank, dan credit card.
Tahap ini merupakan saat yang tepat bagi Banquet untuk menerima segala keluhan dan masukan dari pihak pelanggan untuk menerimasegala keluhan dan masukan dari pihak pelanggan untuk perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan dan produk. Ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk menyampaikan ucapan terima kasih dan terpilihnya tempat penyelenggaan sekaligus mengingatkan pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar