Pengertian & Organisasi Room Service

Pengertian Room Service


1. Pengertian Room Service
Room service merupakan pelayanan makanan dan minuman di dalam kamar hotel atautempat akomodasi lain seperti motel atau apartemen. Room service juga biasa disebut “In-RoomDining”.
Fungsi room service sebenarnya sama dan sejalan dengan restoran dan bar. Jika restorandan bar menjual makanan dan minuman diruang saji restoran atau ruang saji bar, room servicememiliki kekhususan pelayanan yaitu menyajikan makanan atau minuman di kamar-kamar hotelatau apartemen. Dalam fungsi ini juga termasuk mengambil pesanan (taking order), menyiapkan,,menyajikan dikamar, dan mengambil kembali peralatan yang telah digunakan dari kamar.

2. Susunan Organisasi Room Service

Susunan dan jumlah petugas di room service dalam suatu hotel tergantung pada besar kecilnyaoperasional dan keadaan hotel. Adapun jabatan yang selalu ada dalam organisasi room service meliputi :
Room Service Manager 
Apabila operasi room service tidak dalam area yang luas dan tidak terlalu sibuk, biasanya pimpinan tertinggi dipegang oleh head waiter.

a. Tugas Room Service Manager adalah :
  • Bertanggung jawab sepenuhnya atas jalannya operasi di room service.
  • Membuat rencana dan jadwal kerja untuk bawahannya, mengingat operasi room service yangselama 24 jam. Serta mengawasi pelaksanaannya.
  • Bertanggung jawab atas seluruh keperluan bawahan seperti peningkatan pengetahuan danketerampilan, serta appearance bawahannya.
  • Bertanggung jawab kepada F&B manager.
  • b. Room Service Captain :
  • Bertugas memeriksa kehadiran dan appearance waiters, menyediakan segala sesuatu untuk service serta mengawasi persiapan dan service yang akan dilaksanakan.
  • Captain bertugas sebagai quality control dengan memeriksa ketepatan dan mutu pesanan yangakan dikirim kekamar tamu.
  • Captain bertugas membuat laporan pertanggungjawaban kepada room service manager.

c. Room Service Order Taker
Room service order taker mempunyai peranan yang penting dalam operasi room service. Order taker bertugas dalam menerima dan mencatat pesanan makanan dan minuman tamu terutama melalui telepon. Karena berhubungan langsung dengan tamu, maka seorang order taker haruslah orang yang mempunyai kemampuan komunikasi bagus, sopan, serta memiliki pengetahuan yang luas tentang menu. Seorang order taker harus mencatat semua pesanan tamusecara tepat dan benar untuk selanjutnya diserahkan kepada waiters.
d. Room Service Waiters 
Bertugas untuk menyiapkan segala peralatan dan keperluan untuk service sertamenyiapkan nampan dan trolley. Tugas pokok room service adalah untuk menyajikan makanandan minuman dikamar tamu, termasuk menyiapkan pesanan tamu, melayani tamu, danmelakukan clear up kamar tamu serta menyampaikan tagihan pelayanan kamar (bill).
3 Operasi Room Service
Pada umumnya room service beroperasi selama 24 jam siap menyajikan makanan danminuman untuk breakfast, lunch, dinner, dan supper ( makan tengah malam). Operasi roomservice meliputi :
a. Taking Order
Mengambil dan mencatat pesanan tamu secara tepat, baik yang langsung melalui teleponataupun tertulis melalui door knob menu.
b. Preparation
Menyiapkan dan mengatur segala peralatan yang diperlukan seperti chinaware,silverware, glassware, cutleries, napkin, dll termasuk ruang kerja. Menjaga agar segalasesuatunya siap untuk operasi room service.
c. Service
Menyajikan makanan dan minuman secara tepat dan benar dikamar tamu, baik yangmengenai jenis dan jumlah hidangan, waktu, dan nomor kamar pemesan, serta alat-alat yangdipergunakan.
d. Clear Up
Mengambil serta memeriksa semua alat-alat room service yang telah digunakan danmembersihkan area pelayanan kamar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar